Profil Potensi Desa

Administrator 30 April 2014 17:23:24 WIB

POTENSI UNGGULAN

DESA BATURETNO
KECAMATAN BANGUNTAPAN
KABUPATEN BANTUL

1. Sekolah Sepak Bola (SSB) Baturetno

Pendidikan luar sekolah dikembangkan dengan baik melalui sekolah sepak bola (SSB) Baturetno. Sekolah sepak bola Baturetno menjadi sarana mengembangkan potensi diri bagi anak-anak khususnya diwilayah Bantul Timur yang sudah mencetak beberapa pemain sepak bola yang berprestasi dari tingkat lokal hingga nasional.

2. Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) “MINO LESTARI”

Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) “MINO LESTARI” sudah menjuarai lomba evaluasi dari Kementrian Perikanan dan Kelautan RI dalam program pembudidayaan ikan nila merah dan pengolahan ikan.

3. Kelompok Ternak “GILANG MULYO”

Dengan adanya kelompok ternak “GILANG MULYO”, masyarakat dapat meningkatkan perekonomian dengan mengembangkan ternak mereka dengan baik dan pernah mendapatkan reward dari Kabupaten Bantul program pemberdayaan masyarakat.

4. Industri Produksi Gamelan di Pedukuhan Pelem

Dengan adanya industri gamelan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan dapat menumbuh kembangkan potensi budaya lokal khususnya di wilayah Desa Baturetno yaitu :

  1. Paguyuban Dalang
  2. Karawaitan
  3. Jatilan
  4. Remong

5. Lembaga Santunan Umat Dhuafa Baturetno Utara (SAMUDRA BARU)

Keberadaan SAMUDRA BARU ( Lembaga Kesejahteraan Sosial ) berorientasi kepada pelayanan kemandirian masyarakat menuju kesejahteraan sosial telah banyak membantu dalam penyantunan warga masyarakat seperti : orang sakit, warga dhuafa, anak yatim/piatu dan janda tidak mampu.

 

 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License