PENINGKATAN KAPASITAS KADER KESEHATAN DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN PENYAKIT TBC

Pemkal Baturetno 15 Juni 2024 11:45:15 WIB

Baturetnonews - Kamis (16/5/24) Yayasan Sehat Sinergi Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kalurahan Baturetno untuk menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas kader kesehatan dalam pencegahan dan penanganan penyakit TBC. 

Kader kesehatan adalah garda terdepan dalam upaya mendeteksi dini, memberikan edukasi, dan memastikan pengobatan TBC berjalan dengan baik. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam menangani kasus TBC.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan peningkatan kapasitas ini dilakukan dengan pemaparan materi terkait apa itu TBC, pentingnya sanitasi, ventilasi yang baik, serta pemakaian masker bagi penderita TBC untuk mencegah penularan. Selain itu, diberikan pula pembelajaran praktik dan simulasi penanganan kasus TBC. Para peserta diajak untuk melakukan simulasi mulai dari skrining gejala TBC, pengambilan sampel dahak, hingga cara merujuk pasien ke fasilitas kesehatan yang lebih lengkap.

“Semoga kader-kader di Kalurahan Baturetno dapat memberikan dan menyebarluaskan ilmu yang didapatkan kepada masyarakat luas, sehingga dapat tercapai eliminasi tuberkulosis di Kalurahan Baturetno”, ujar Ahmad Putra Hadaetana. S.KM Yayasan Sehat Sinergi Indonesia.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas kader kesehatan dalam pencegahan dan penanganan TBC. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik, kader kesehatan diharapkan dapat berperan lebih efektif dalam mengendalikan penyebaran TBC dan meningkatkan kualitas hidup penderita TBC.

Komentar atas PENINGKATAN KAPASITAS KADER KESEHATAN DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN PENYAKIT TBC

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License