RUWAHAN KAMPUNG NGENTAK

Pemkal Baturetno 07 Maret 2024 15:40:02 WIB

Baturetnonews - Minggu (3/3/24) Dalam suasana penuh kebersamaan, warga Padukuhan Ngentak, Kalurahan Baturetno merayakan tradisi Ruwahan yang merupakan sebuah ritual tahunan yang diadakan sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur menjelang bulan suci Ramadhan yang diselenggarakan di Makam Ngentak. 

Kegiatan ini tidak hanya menjadi momen untuk memperkuat ikatan sosial antarwarga tetapi juga sebagai upaya pelestarian budaya dan tradisi leluhur yang telah turun temurun. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang tua, termasuk tokoh agama dan pemuda setempat.

Acara ini dimulai dengan prosesi bersih makam yang melibatkan warga dalam kegiatan pembersihan, dan dilanjut ziarah ke makam leluhur. Aktivitas ini tidak hanya sebagai simbolisasi kebersihan fisik tetapi juga kebersihan spiritual dan persiapan diri menyambut bulan Ramadhan dengan hati yang bersih.

Ruwahan di Padukuhan Ngentak tahun ini berhasil menunjukkan bagaimana tradisi dapat terus berjalan dan mengintegrasikan nilai-nilai luhur, serta menjadi wadah untuk terus mengenalkan tradisi dan budaya kepada generasi mendatang. 

Komentar atas RUWAHAN KAMPUNG NGENTAK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License