Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR)

Pemkal Baturetno 07 Agustus 2023 09:37:54 WIB

Baturetnew- BPBD Kabupaten Bantul melalui bidang pemadam kebakaran dan penyelamatan, fasilitasi pembentukan dan pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) yang diikuti oleh relawan dari Kalurahan Baturetno. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, yakni dari tanggal 28-29 Juli 2023.

Kegiatan ini di laksanakan di balai Kalurahan Baturetno dan embung Kalurahan Baturetno. Peserta dibekali mengenai teori dan keterampilan dalam teknik pemadaman api, diharapkan setelah terbentuknya REDKAR, Relawan dapat membantu petugas pemadam kebakaran dalam kegiatan sosialisasi, pencegahan serta penanganan kebakaran pada tahap api awal.

Pelatihan REDKAR pada hari pertama yang fokus pada materi dan teori tentang kebakaran dan penangannanya, kini pada hari kedua fokus pada pelatihan praktek pemadaman api dan penggunaan alat pemadam api ringan (APAR), Pelatihan yang diajarkan langsung oleh personil DAMKAR ini memadamkan api pada simulasi kebakaran kompor dan tabung gas, antara lain menggunakan alat tradisional, seperti selimut atau kain besar dengan dibasahi menggunakan air, dan dengan alat modern salah satunya APAR kecil. Cara ini merupakan membentuk kebiasaan penanganan dan mental dalam menangani kobaran api agar dapat cepat mengambil keputusan dalam penanganan kebakaran sebelum petugas DAMKAR tiba dilokasi kebakaran.

Kegiatan dilanjutkan oleh pelantikan dan pengukuhan REDKAR oleh Pemerintah Kalurahan Baturetno, didampingi oleh Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Irawan Kurnianto, S.STP

 

Pelatihan REDKAR pada hari kedua dilaksanakan di embung Kalurahan Baturetno yang fokus pada materi dan teori tentang pertolongan pertama pada korban yang disampaikan dari PMI Kabupaten Bantul. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali relawan dalam memberikan pertolongan pertama pada korban dengan benar. (AS)

Komentar atas Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License