PENGOLAHAN MINYAK JELANTAH MENJADI LILIN

Pemkal Baturetno 07 Agustus 2023 09:13:33 WIB

 

           Minyak goreng merupakan salah satu bahan masak yang crucial dan harus selalu ada di dapur masak baik di rumah tangga maupun para pengusaha di bidang kuliner. Oleh karenanya tentu selalu ada limbah minyak goreng yang sudah tidak terpakai dari sisa-sisa penggorengan. Sebagian besar minyak yang sudah tidak terpakai itu hanya dibuang begitu saja, hal tersebut sangat merugikan bila terus menerus dilakukan, karena limbah minyak tidak bisa larut dalam air dan semakin lama akan mencemari lingkungan-lingkungan terdekat. 

         Berdasarkan ilmu yang pernah didapatkan oleh ibu-ibu PKK Baturetno mengenai pengolahan minyak jelantah menjadi lilin pada pelatihan beberapa waktu lalu, maka selanjutnya ibu-ibu PKK Baturetno ini mengembangkan kegiatan tersebut menjadi sebuah produk yakni souvenir berupa lilin cantik.

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License