Penyuluhan IVA Test dan SADARI di 8 Padukuhan Siaga Kesehatan

Pemkal Baturetno 28 Oktober 2022 13:50:15 WIB

Pemerintah Kalurahan Baturetno Kapanewon Banguntapan Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Puskesmas Banguntapan I dan TP PKK Kalurahan Baturetno melaksanakan penyuluhan IVA Test dan Periksa Payudara Sendiri (SADARI) di 8 Padukuhan Siaga Kesehatan. Kegiatan yang dilaksakan secara maraton dan turba di 8 padukuhan dari tanggal 12 Oktober 2022 sampai dengan 17 Oktober 2022.

Kanker serviks dan kanker payudara merupakan salah satu penyebab kematian perempuan. Kanker payudara juga masuk dalam daftar 10 penyebab kematian terbanyak perempuan di Indonesia. Pencegah munculnya penyakit ini dengan melakukan serangkaian pemeriksaan rutin seperti Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS). SADARI dapat dilakukan pada rentang hari ke 7 – 10 setelah hari pertama menstruasi dimana payudara sedang dalam kondisi paling lunak. Langkah awal melakukan SADARI adalah dengan mengamati kondisi payudara, lalu mengangkat tangan sebelah kanan dan raba payudara dengan tangan kiri dari arah pinggir, memutar ke arah putting susu lalu tekan dengan perlahan. Apabila terdapat cairan berwarna merah darah maka bisa saja merupakan indikasi adanya sel kanker. Lakukan gerakan yang sama dalam keadaan berbaring untuk meraba kemungkinan adanya benjolan. Memang, tidak semua benjolan berarti kanker. Namun, apabila menemukan benjolan yang tidak terasa sakit dan muncul selama 2 kali siklus menstruasi, lebih baik datang ke dokter spesialis onkologi untuk dilakukan SADANIS guna menegakkan jenis benjolan yang ada.
Semua memiliki kewajiban untuk menjaga dengan cara mendeteksi dini dan tidak perlu takut dengan pemeriksaan tersebut. Seluruh kader dan peserta penyuluhan diharapkan dapat memeriksakan dirinya di Puskesmas Banuntapan I secara berkala. (DDK)

Dokumen Lampiran : Penyuluhan IVA Test dan SADARI di 8 Padukuhan Siaga Kesehatan


Komentar atas Penyuluhan IVA Test dan SADARI di 8 Padukuhan Siaga Kesehatan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License