PENINGKATAN KAPASITAS RT SE-DESA BATURETNO TAHUN 2019

11 Oktober 2019 09:43:02 WIB

BATURETNEWS – (27/09/2019) Dalam rangka meingkatkan sadar adminduk, Pemerintah Desa Baturetno mengadakan bimbingan terhadap RT, bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul. Acara disambut oleh ucapan terimakasih atas kehadiran Bapak-bapak RT se-Desa Baturetno oleh Kasi Pemerintahan Desa, yaitu bapak Supandi. Selanjutnya disampaikan oleh Bapak Lu,ai Arminanto selaku Sekretaris Desa bahwa RT juga merupakan salah satu LKD yang sangat penting. Masa jabatan RT pun sama dengan LKD lain, yaitu 5 tahun dan diharapkan dapat serentak pemilihan serta pelantikannya. Sebagai ujung tombak pendataan, maka diharapkan RT dapat tertib administrasi.

Dipaparkan langsung oleh Bapak Kepala Dinas Dukcapil, yaitu Bapak Bambang Purwadi Nugroho, SH, MH. bahwa menjadi RT harus ikhlas dan juga harus aktif. Akses layanan dari Dukcapil akan terus diberikan secara maksimal kepada masyarakat. Akan tetapi saat ini, layanan berasaskan dengan domisili sehingga Kelurahan bahkan Dukcapil sendiri tidak dapat mengeluarkan surat keterangan tinggal. Sistem database Dukcapil sudah berbasis IT sehingga setiap layanan adminduk menggunakan NIK yang terentri pada sistem. Selain itu, pada beberapa layanan seperti pindah datang boleh tidak memakai surat pengantar dari RT tetapi bisa langsung diurus ke Dukcapil dan data kepinahan akan dikirim kepada Desa di tiap semesternya. Akan tetapi, bagi penduduk yang datang maupun akan pindah wajib lapor kepada RT dan Kewilayahan setempat (SYN).

 

Baturetno Go Online

Instagram : @desabaturetno
Facebook : @desabaturetno
E-mail : desa.baturetno@bantulkab.go.id
Whatsapp : 0818-392-992

 

Komentar atas PENINGKATAN KAPASITAS RT SE-DESA BATURETNO TAHUN 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License