MEMUPUK KEMBALI SEMANGAT P3A BATURETNO

23 Agustus 2019 08:20:45 WIB

BATURETNEWS – (19/08/2019) Demi memupuk kembali semangat P3A Desa Baturetno, Pemerintah Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Dan Energi Sumber Daya Mineral bekerjasama dengan Pemerintah Desa Baturetno memfasilitasi pertemuan P3A Tirtoraharjo, Sidoraharjo Kanan. Rapat koordinasi P3A dipimpin langsung oleh Ibu Peni dan Bapak Ngadiran dari dinas PU SDA. Bapak Ngadiran memaparkan bahwa permasalahan air dan petugas di Tirtoraharjo sangat kompleks. Kepengurusan P3A Tirtoraharjo harus bangun dari tidur panjangnya. Beberapa program dinas PU SDA yang dapat disinergikan antara lain pemeliharaan rutin, keruk wallet, babat rumput sekitar irigasi, pemeliharaan pintu air dan lain sebagainya. Luasan daerah irigasi di Desa Baturetno dahulu kurang lebih 88 Ha, namun saat ini luasan hanya tinggal kurang lebih 33, 06 Ha. Tentu saja penyebab menyempitnya luasan ini harus segera diidentifikasi bersama oleh kepengurusan baru yang diketuai oleh Bapak Abi Muryanto.

Harapan kedepannya, sinkronisasi data luasan pertanian pangan, perikanan dan perkebunan sesuai dengan realitasnya sehingga permasalahan kurangnya air di setiap Pedukuhan dapat berkurang dan masyarakat paham mengenai penggunaan air dengan bijak dan ikut berpartisipasi aktif dalam pemeliharaan jaringan irigasi. Baik petani tanaman pangan, petani ikan maupun perkebunan harus mematuhi jadwal pembagian air berdasarkan pengukuran kalibrasi Bendung Sidoraharjo Kanan yang baru saja dilakukan pengukuran. Nantinya kebijakan-kebijakan yang akan disusun bersama dapat segera ditindaklanjuti oleh dinas-dinas terkait. (SYN)

 

Baturetno Go Online : 

Website : Baturetno-bantul.desa.id
Email : desa.baturetno@bantulkab.go.id
Instagram : @desabaturetno
Facebook : @desabaturetno
Whatsapp : 0818-372-992

Komentar atas MEMUPUK KEMBALI SEMANGAT P3A BATURETNO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License