Pemerintah Desa Baturetno memicu swakarsa keamanan lingkungan dengan kegiatan sambang kamling

Administrator 11 Oktober 2016 11:59:37 WIB

Baturetno – Pemerintah Desa Baturetno melalui Kasi Pemerintahan, Supandi menganggarkan kegiatan sambang kamling/monitoring keamanan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2016. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memicu swakarsa keamanan lingkungan yang ada di wilayah Desa Baturetno. Tim Desa yang bekerjasama dengan Babinkamtibmas dan Babinsa menyambangi 1 pos kamling di setiap pedukuhan. Poskamling yang sudah disambangi nantinya akan dijadikan contoh untuk wilayah lainnya.

 

Rabu malam di Poskamling RT. 01 Pedukuhan Plakaran salah satu contoh yang disambangi Tim, (06/09). Hadir dalam kegiatan tersebut menjadi narasumber Kompol Suharno (Kapolsek Banguntapan), Bripka Irawan Adhi Susanto, S.H (Babinkamtibmas Desa Baturetno) dan Serda Wartaya Sumedi (Babinsa Desa Baturetno).

 

Dukuh Plakaran, Tri Atmoko menyampaikan rasa terimakasih kepada warga yang telah aktif mengikuti kegiatan ronda dan kepada Pemerintah Desa Baturetno yang telah memberikan perhatian terutama dibidang keamanan lingkungan berupa bantuan alat kelengkapan poskamling di wilayahnya. Dukuh Plakaran berharap dengan adanya perhatian dan bantuan ini bisa meningkatkan keaktifan warga dalam menjaga lingkungannya. “Kegaiatan seperti ini yang sudah lama diharapkan oleh warga dan semoga kegiatan semacam ini akan terus berkelanjutan, agar warga dan pemerintah desa saling bersinergi dalam urusan keamanan lingkungan,” ujarnya.

 

Dalam kesempatan sambutan Lurah Desa Baturetno, Sarjaka menyampaikan pesan kepada warga khususnya di Pedukuhan Plakaran untuk bersama-sama menjaga situasi lingkungan dan meningkatkan keaktifan warga untuk melaksanakan ronda. “Kami datang dan hadir di sini beserta Tim tidak lain karena kami peduli dan berterimakasih kepada warga yang sudah berperan dalam menjaga lingkungan. Mari kita pertahankan situasi yang aman dan tentram ini, agar siapa pun yang tinggal di Desa Baturetno merasa senang dan nyaman,” ucapnya.

 

Narasumber memberikan wawasan tentang pentingnya peran aktif warga menjaga lingkungannya secara swakarsa, karena kondisi nyaman dan aman tidak akan datang secara tiba-tiba tanpa adanya kepedulian warganya itu sendiri. Dilanjutkan dengan  memeragakan dan menjelaskan tentang fungsi dan kegunaan alat-alat kelengakapan poskamling yang akan diberikan.

 

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan dialog antara warga dengan narasumber. Pada akhir acara, secara simbolis Lurah Desa Baturetno memberikan bantuan alat kelengakapan poskamling yang diterimakan kepada Ketua RT. (ddk)

Komentar atas Pemerintah Desa Baturetno memicu swakarsa keamanan lingkungan dengan kegiatan sambang kamling

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License