VERIFIKASI LAPANGAN DI DESA BATURETNO, BANGUNTAPAN, BANTUL

Administrator 08 September 2016 18:40:49 WIB

Yogyakarta, BPPM DIY-Hari Kelima Verifikasi Lapangan Perlombaan Desa dan Kelurahan tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2015  dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 11 Juni 2015 di Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Rombongan Tim dipimpin oleh Ibu Kepala BPPM DIY Dra. Kristiana Swasti, M.Si dengan membawa Tim  Penilai dari SKPD DIY maupun Vertikal serta TP PKK DIY.  Tim Juri Disambut oleh Bupati Bantul Hj Sri Surya Widati beserta Kepala Kejati Kabupaten Bantul, Kepala PMD Kabupaten Bantul, Camat Banguntapan, Kepala Desa Baturetno, beserta Perangkat Desanya dan tokoh masyarakat Desa Baturetno;

Bupati Bantul Hj Sri Surya Widati dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam tahun 2015 ini Kabupaten Bantul mengajukan Desa Baturetno Banguntapan untuk mewakili Kabupaten Bantul maju kelomba desa tingkat DIY, bahkan menyataan kesiapannya jika nantinya oleh DIY ditunjuk mewakili ketingkat nasional. Bupati juga menjelaskan, evaluasi pemberdayaan masyarakat atau dikenal dengan dengan lomba desa ini, diharapkan bukan hanya rutinitas dan seremonial. Akan tetapi mampu menciptakan penguatan kelembagaan, sehingga dinamika pembangunan sosial ekonomi dan politik makin kokoh dan melembaga. Sementara disisi lain, juga diharapkan mampu menciptaan kekuatan swadaya dan gotong royong masyarakat. Sehingga, lanjut bupati, secara bertahap dan nyata, mampu memberikan kontribusi dalam upaya melakukan perubahan di tingkat desa menuju kondisi yang lebih baik;

Dalam Sambutan Gubernur yang dibacakan oleh Ibu Kepala BPPM DIY Dra. Kristiana Swasti, M.Si beliau menekankan bahwa Perlombaan Desa dan Kelurahan hendaknya jangan hanya dipandang sebagai ajang untuk mendapatkan kejuaraan saja. Namun ajang ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan pembinaan, dan inilah justru paling penting dan utama, karena untuk jangka panjang ke depan hal ini akan bermanfaat dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat di wilayah masing-masing.

Setelah melakukan penilaian administrasi di Balai Desa Bauretno, kemudian Tim Penilai dengan menaiki andong yang sudah disediakan panitia melakukan kunjungan ke lapangan yaitu:

  1. Kunjungan ke Dusun Kalangan

Meresmikan Pos Kamling, Administrasi dusun, PKK, Yandu Lansia, Rumah Sehat, Kesenian Ibu ibu RT, TOGA, dan pemaparan sistem infomasi pedukuhan dengan memanfaatkan sms broadcast yang dikelola oleh Bapak Dukuh Kalangan.

  1. Kunjungan ke Dusun Ngentak

Mengunjungi kelompok pembudidaya ikan oleh kelompok perikanan "Mino Lestari" yang telah berdiri sejak 2006 dengan kegiatan pertemuan rutin diselingi arisan, diskusi dan penyuluhan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul.    

  1. Kunjungan ke Dusun Pelem

Mengunjungi potensi pembuatan gamelan, mengevaluasi administrasi RT, TP PKK, Posyandu Lansia, menyaksikan Pentas seni Wayang dan tari tarian.

 

Di akhir acara dilakukan pembacaan Kesan dan Pesan dari Tim Penilai yang disampaikan oleh Kesan dan Pesan dari Tim Juri disampaikan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, BPPM DIY Drs. Seno Admojo, M.Si dan diakhiri dengan Pelepasan Tim oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Drs. Riyantono, M.Si.(KUN)

 

sumber :http://www.bppm.jogjaprov.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=291:verivikasi-lapangan-di-desa-baturetno-banguntapan-bantul&catid=31&Itemid=54

Komentar atas VERIFIKASI LAPANGAN DI DESA BATURETNO, BANGUNTAPAN, BANTUL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License