Pemerintah Desa Baturetno melakukan pelatihan sablon acrylic bagi Karang Taruna

Administrator 04 April 2016 12:25:20 WIB

Baturetno – Dalam mewujudkan kemandirian dan keterampilan pemuda-pemudi di Desa Baturetno Kasi Kemasyarakatan, Edi Sutrisno memprogramkan kegiatan pelatihan bagi Karang Taruna Desa Baturetno. Hal tersebut sangat didukung oleh Lurah Desa Baturetno, Sarjaka dibuktikan dengan masuknya kegiatan tersebut dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2015. Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari di Balai Desa Baturetno yang diikuti masing-masing perwakilan pemuda-pemudi dari 8 pedukuhan di Desa Baturetno, Senin (28/03).

Hari pertama para peserta pelatihan diberikan materi pengenalan alat-alat sablon acrylic. Pelatihan dipimpin langsung oleh 2 narasumber yang sebelumnya kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kasi Kemasyarakatan. Dalam kegiatan tersebut narasumber meminta para peserta membuat kelompok kerja agar lebih efektif.

Hari berikutnya para peserta diberikan materi cara memfilm di screen sablon. Para peserta melihat contoh yang dilakukan oleh narasumber dan selanjutnya per kelompok kerja diminta untuk melakukannya sendiri hingga bisa.

Pada hari selanjutnya para peserta mempersiapkan alat untuk proses menyablon. Sebelum menyablon di acrylic, peserta diminta untuk mencoba di kertas. Sembaring beberapa peserta mencoba menyablon, beberapa peserta memotong dan mengamplas acrylic.

Setelah semua mencoba, di hari terakhir narasumber menguji masing-masing kelompok untuk membuat karya sablon acrylic dari tahapan awal hingga proses jadi. Para peserta diberikan kebebasan untuk membuat hasil karyanya namun diberikan batasan waktu.

Tahapan demi tahapan pelatihan telah dilaksanakan dan kesan pesan disampaikan oleh para peserta maupun oleh narasumber.  “Kami mewakili rekan-rekan sangat berterimakasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada kami untuk mengikuti pelatihan ini. Semoga apa yang sudah kami dapatkan dalam kegiatan di Balai Desa Baturetno ini bermanfaat bagi kami dan bisa kami kembangkan.” pesan Aditya- salah satu peserta pelatihan sablon acrylic, Kamis (31/03). Kegiatan tersebut ditutup langsung oleh Lurah Desa Baturetno. (ddk)

Komentar atas Pemerintah Desa Baturetno melakukan pelatihan sablon acrylic bagi Karang Taruna

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License